Anak Berkebutuhan Khusus di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017

Gawat darurat anak adalah kondisi serius yang dapat membahayakan nyawa bayi, anak, remaja, atau anak muda, sehingga harus segera ditangani. Anak dalam kondisi darurat yaitu anak yang mengalami bencana alam, daerah konflik, pengungsi, korban kerusuhan di daerahnya. Kondisi anak darurat Tahun 2017 seperti adanya bencana alam, daerah konflik, pengungsi, korban kerusuhan,tidak terdapat di Kalimantan Barat.

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya secara signifikan (bermakna) mengalami kelainan/penyimpangan (fisik, mental-intelektual, sosial, emosional) dibandingkan dengan anak-anak lain seusianya, sehingga mereka memerlukan pelayanan/pendidikan khusus.

Oleh karena itu penanganan anak berkebutuhan khusus harus didasarkan kepada potensi yang bisa dikembangkan dan kepada apa yang tidak mampu dilakukan oleh anak. Selain itu tidak semua anak mempunyai kesempatan yang sama dalam merealisasikan harapan dan aspirasinya. Banyak diantara mereka yang berisiko tinggi untuk tidak tumbuh dan berkembang secara sehat, mendapatkan pendidikan yang terbaik, orangtua bermasalah, terkena penularan HIV/AIDS, korban penyalahgunaan NAPZA, diperlakukan salah, ditinggal orangtua, sehingga tidak dapat menikmati hidup secara layak.

Data and Resources

Metadata

Field Value
Dataset Diperbarui May 27, 2019, 10:07 (+0700)
Dataset Dibuat May 27, 2019, 09:25 (+0700)
Produsen Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat
Penanggung Jawab Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Barat
Kontak Produsen -
Bidang -
Bidang Urusan -
Pengukuran Dataset -
Tingkat Penyajian Dataset -
Cakupan Dataset -
Kode Indikator -
Satuan Dataset -
Frekuensi Dataset -
Dimensi Dataset -

Additional Info

Field Value
Maintainer Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Barat
Diakses 364